Lestarikan Hutan Selamatkan Bumi dengan Astra untuk Indonesia Hijau

Bencana alam yang bertubi-tubi menimpa Indonesia saat ini telah membuka mata hati kita semua bahwa hutan Indonesia kian memprihatinkan. Longsor, banjir bandang, dan kebakaran hutan adalah dampak duruk yang diakibatkan ulah kita yang tidak lagi peduli dengan alam sekitar. 

Belum lama ini alam  menampakkan taringnya dengan bencana banjir bandang di Pacitan yang menelan 11 orang (28 November 2017/www.tribunnews.com). Puluhan rumah warga menjadi korban longsor dan tak dapat dihuni. 

Solok juga mengalami musibah yang sama dengan Pacitan yaitu bencana longsor yang mengakibatkan beberapa rumah hanyut terbawa banjir. Banjir bandang yang membawa lumpur, batu dan kayu gelondongan menerjang dua kecamatan yaitu Kecamatan IX Koto Sungailasi dan X Koto Diatas (10/12/17, www.daerah.sindonews.com).

Bencana yang menimpa bumi pertiwi akhir-akhir ini bukan tanpa sebab, alam sudah semakin terlihat murka dengan kerusakan di setiap sudut-sudutnya. Hutan-hutan sudah banyak yang gundul, berganti dengan pemukiman penduduk, bangunan permanen, villa dan beton. Berkurangnya area hutan alam yang tidak diiringi dengan reboisasi dan penanaman bibit pohon baru tentunya akan menyebabkan ketidakseimbangan alam. Akibatnya tanah sudah tak mampu lagi untuk membendung dan menyimpan air dalam tanah sehingga mengakibatkan banjir. 

Kerusakan Hutan


kerusakan hutan akibat aktivitas pertambangan dan pembalakan liar

Hutan di beberapa daerah telah terlihat memprihatinkan. Terutama hutan lindung di daerah yang jauh dari akses transportasi. Yang paling memprihatinkan adalah hutan lindung yang dijadikan area penambangan batubara seperti yang terlihat di Hutan lindung di daerah Taba Penanjung Bengkulu Tengah. 

Kerusakan hutan akibat perambah hutan yang akan dijadikan perkebunan kelapa sawit
Selain aktivitas pertambangan, hutan juga mengalami kerusakan akibat pembukaan hutan untuk area perkebunan kelapa sawit oleh perusahaan maupun warga. Akibatnya hutan menjadi gundul dan tidak mampu menyerap air. 

Perkebunan kelapa sawit baik dikelola oleh perusahaan maupun warga menimbulkan dampak yang sama. Apalagi jika tidak dimbangi dengan penanaman pohon di area yang tidak ditanami oleh kelapa sawit. Inilah penyebab utama terjadinya longsor dan banjir bandang di daerah pemukiman penduduk yang lokasinya berada di kaki-kaki gunung. 

Astra untuk Indonesia Hijau

Astra dengan program Indonesia hijau menjadi motor pelestarian dan penyelamatan hutan. Program Astra Forest yang menjadi Ikon Indonesia hijau dapat menjadi salah satu penyelamat lingkungan khususnya kelestarian hutan. 

Di tahun 2008 PT Astra Internasional Tbk mencanangkan penanaman pohon satu karyawan 1 pohon. Saat itu jumlah karyawan PT Astra 116. 867 dan pohon yang berhasil di tanam sejumlah 132.000 pohon. 

Sedangkan di tahun 2012, PT Astra kembali melakukan pelestarian hutan  dengan program penanaman 50.000 bibit pohon oleh Grup Astra Komit (12/09/12) di lahan seluas 55 Ha. Kegiatan serupa juga diikuti oleh cabang-cabang perusaan Astra yang ada di daerah-daerah dengan total pohon yang berhasil ditanam sebanyak 1.107. 080. 

Prestasi PT Astra Internasional semakin menampakkan kiprahnya saat menerima penghargaan Penanaman Satu Miliar Pohon dari  Kementerian Kehutanan dengan rekor lebih dari 1,3 juta penanaman pohon di tahun 2012 pada HUT Astra ke-55 (28/11/12).  

Selain program penanaman pohon Astra memiliki program Indonesia hijau lainnya yakni tebar bibit ikan pada HUT Astra ke-60, serangkaian kegiatan seperti bersih-bersih halte, bedah buku Astra, Ecopreneur Seminar, Astra Road Safety Fest, Pengobatan gratis dan Jambore Adiwiyata. Jambore yang melibatkan sekolah-sekolah penerima penghargaan Adiwiyata dan grup binaan Astra dilibatkan dalam rangkaian acara peduli lingkungan (30/04/17).


Selain program Astra untuk Indonesia Hijau ada 4 Pilar Astra untuk Indonesia yaitu Astra untuk Indonesia Cerdas, Astra untuk Indonesia Kreatif dan Astra untuk Indonesia Sehat. 

Sepanjang perjalanannya sejak tahun 1957, Astra senantiasa mendedikasikan karyanya untuk kemajuan bangsa Indonesia, sejalan dengan filosofi perusahaan yang tertuang dalam Catur Dharma. Dalam rangka perayaan Hari Ulang Tahun ke-60 Astra pada tahun 2017, tahun ini Astra mengundang masyarakat umum dan wartawan untuk mengirimkan hasil karya tulis bertema Perjalanan Penuh Inspirasi, yang menitikberatkan pada perjalanan 60 tahun Astra dalam menginspirasi negeri.

Setelah enam dekade berkiprah yang dilandasi oleh filosofi Catur Dharma, Astra telah mencoba menginspirasi Indonesia melalui produk dan layanan karya anak bangsa, sumber daya manusia yang unggul serta kontribusi sosial yang berkelanjutan bagi bangsa dan negara. Berikut penjelasan tiga strategi tersebut:

Produk dan Layanan 

Tujuan perusahaan Astra adalah agar dapat sejahtera bersama bangsa, yang didasarkan pada filosofi para pendiri perusahaan. Karena pelanggan adalah pemangku kepentingan utama, maka demi menghasilkan produk yang berkualitas, bisnis Astra tidak terlepas dari integrasi para pemasok yang menyediakan barang dan jasa yang dibutuhkan, sebagai bagian dari rantai bisnis yang ikut berperan dalam keberlanjutan bisnis yang dijalankan. Hal ini sejalan dengan butir kedua Catur Dharma, memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan.

Insan Astra

Sumber Daya Manusia (SDM) merupakan aset utama yang memegang peran penting bagi pencapaian kinerja perusahaan yang baik secara berkelanjutan. Astra juga menyelenggarakan InnovAstra, yang merupakan ajang tahunan untuk menampilkan dan menghargai kemampuan berinovasi seluruh Insan Astra di tanah air. Hal tersebut menjadi wadah dalam menciptakan dan membangun budaya inovasi di dalam perusahaan, dan telah berjalan selama 33 tahun.

Kontribusi Sosial

Astra berkontribusi kepada masyarakat, lingkungan, dan bertanggung jawab kepada karyawan, dengan menciptakan keseimbangan antara kepentingan bisnis, sosial, dan lingkungan. Dengan pendekatan yang terintegrasi dari 4 pilar tanggung jawab sosial (corporate social responsibility/CSR) Astra (Astra Untuk Indonesia Sehat, Astra Untuk Indonesia Cerdas, Astra Untuk Indonesia Hijau, Astra Untuk Indonesia Kreatif), Astra berinisiatif untuk memberikan nilai tambah yang berkelanjutan bagi masyarakat Indonesia. Astra juga melaksanakan SATU Indonesia Awards sebagai ajang untuk mencari pemuda-pemudi Indonesia berbakat yang memiliki semangat sejalan dengan Astra untuk senantiasa berkarya dan memberi manfaat bagi masyarakat luas.

Semoga Astra tetap menjadi garda terdepan dalam mewujudkan masyarakat Indonesia sehat, cerdas, kreatif dan hijau. 


0 comments:

Post a Comment

Cie-cie yang sudah berkunjung tapi tidak berkomentar... kenalan yuk. Biasanya kalau tamu selalu meningalkan jejak. Silahkan berkomentar yang sopan ya..