Secercah Harapan dari Kebun Teh Kabawetan Kepahiang




Angin berhembus sejuk sekali menerpa pipi saat aku beserta rombongan sampai ke area perkebunan teh Kabawetan Kepahiang. Aroma segar daun teh menyeruak di hidung. 

Entah kenapa tubuh terasa lebih ringan berada di ketinggian ketika berada ditengah-tengah area perkebunan. Tetes-tetes embun saja masih enggan pergi dari dedaunan hijau seakan-akan masih manja bergelayut di tepi-tepi daun teh. Beberapa orang pemetik daun teh mulai mengambil peralatan pemetik daun teh untuk memulai hari menjemput rezeki pagi itu. 

Tidak bisa disangkal lagi jika banyak sekali rumah tangga yang menggantungkan hidup mereka pada petik daun teh. Tiap hari bergelut ditengah-tengah pucuk teh, memilih daun tunas muda lalu mengumpulkannya ke pengepul, seminggu sekali mereka akan menerima upah atas jerih payah mereka. 

Pengunjung yang datang dan pergi sesekali menyapa keberadaan para pemetik daun teh, ada yang tersenyum ramah, menyapa bahkan tak segan menawarkan makanan ringan namun tak sedikit yang berlalu lalang, berfoto, selpih dan melemparkan tawa kebahagiaan hingga terdengar membahana di segala penjuru. 

Kebun teh Kabawetan menawarkan kebahagiaan bagi semua orang, ada pengunjung yang berbahagia bisa tertawa lepas melepas penat dan lelah perjalanan.

Pasangan muda-mudi yang memadu kasih memanfaatkan rimbunnya pepohonan di area kebun teh yang senyap. Semoga saja mereka hanya bercengkrama dengan batas-batasnya tanpa harus menyesali apa yang dilakukan ketika berada di tengah rerimbunan pepohonan teh tersebut. 

Ada perusahaan perkebunan yang berbahagia dengan laba yang didapat dari omzet yang terus meningkat. Ada pula masyarakat sekitar yang terbantukan dengan mendirikan berbagai usaha memanfaatkan kehadiran pengunjung di hari-hari libur.

Semua berbahagia dan bergembira dengan kehadiran kebun teh Kabawetan. 

Di tengah area perkebunan berdiri bangunan tua yang telah ada sejak zaman Belanda. Beroperasi  dan menjadi penopang kehidupan masyarakat yang menggantungkan hidupnya dari perkebunan. Berbagai peralatan tersedia di sini. Peralatan mencacah daun teh, hingga pengolahan daun teh menjadi siap diperjualbelikan. 

Kartini Pemetik Daun Teh

Keberadaan perusahaan Perkebunan Teh Kabawetan tidak bisa lepas dari para kartini pemetik daun teh. Mereka adalah para pekerja tangguh, hujan, panas dan terik bekerja demi meringankan beban hidup yang kian tak mau kompromi.

Upah yang tak seberapa di dapat dari hasil memetik teh, sudah menjadi pelepas lelah yang kemudian ditukar kembali dengan beragam kebutuhan dapur biaya anak sekolah, ongkos kontrakan hingga penyambung hidup. Memang tak bisa bergelimang harta namun sejatinya sebuah pekerjaan yang dilakukan dengan ikhlas itulah yang menjadikan mereka kaya secara hakiki. tak terpengaruh dengan hingar bingar dunia hedonis, gaya hidup dan style tinggi yang penting hari ini bisa makan dan menghirup udara segar.



Para pemetik daun teh memang di dominasi oleh wanita, mereka hidup dengan menjadi pemetik daun teh. Mengumpulnya dalam keranjang, lalu para pengepul akan menimbang berapa berat daun teh yang telah mereka dapatkan hari itu. Upah harian yang kadang dibayar mingguan tergantung dengan siklus keuangan perusahaan.

Teh Kabawetan memiliki kekhasan dalam rasa dan kandungannya. Oleh karena itu teh Kabawetan sangat digemari oleh penggemar teh hingga ke mancanegara. Jepang adalah salah satu negara yang  menjadi partner perusahaan teh Kabawetan untuk memasarkan produk teh yang telah diolah.

Teh Kabawetan memiliki kekhasan dalam rasa dan kandungannya

Rasa Teh yang khas serta kandungan teh yang memiliki khasiat untuk kesehatan inilah yang menjadi daya tarik teh Kabawetan ini. Tak heran beberapa produk teh memiliki klasifikasi berdasarkan aroma, kandungannya. Rasa teh kualitas original adalah teh nomor satu memiliki harga yang cukup tinggi. Inilah teh yang akan menjadi primadona di luar negeri. 

Jangan berharap masyarakat akan menikmati teh berkualitas nomor satu ini di sekitar perkebunan, karena teh  hanya diproduksi untuk kebutuhan ekspor saja. Masyarakat bisa menikmati teh yang kualitasnya nomor sekian, namun tidak juga mengurangi minat penggemar teh meskipun kualitas teh bukan yang unggul namun rasa dan aroma teh Kabawetan tetap saja diminati masayarakat.

Wisata kebun Teh

Selain  unggul dalam produksi teh, Kebun Teh Kabawetan merupakan salah satu destinasi wisata hijau di Bengkulu. Lokasi yang berada di ketinggian dan didukung oleh suasana alam perbukitan yang sejuk menjadikan Kebun Teh Kabawetan adalah salah satu tempat wisata yang selalu ramai dikunjungi masyarakat ketika libur tiba.

Pengunjung dapat menikmati udara sejuk nan segar di perkebunan. Menikmati suasana perbukitan yang indah berfoto maupun sekedar menikmati udara segar. Selain itu beberapa spot berfoto menjadi tempat favorit pengunjung mengabadikan bersama orang-orang tercintanya.

Kebun teh Kabawetan sering juga menjadi tempat jelajah alam bagi para pensinta alam atau studi wisata, maupun tour pelajar. kondisi jalan setapak di tengah-tengah kebun teh sangat mendukung dijadikan lokasi jelajah alam. Pengunjung dapat mengikuti alur yang telah disediakan bagi pejalan kaki yang mirip gang kecil disela-sela peohonan teh.

Pengunjung dapat mengikuti alur yang telah disediakan bagi pejalan kaki yang mirip gang kecil disela-sela peohonan teh. 

Selain Kebun teh, pengelola juga menanam pohon sengon. Deretan pepohonan sengon yang tertata rapi mirip pagar bagi perkebunan teh. Suasana begitu indah, persis permadani alam yang membentang luas Anda tidak akan bosan mengabadikan setiap sudut-sudut perkebunan teh.

Tak terasa hari sudah semakin siang, namun kesejukan masih menyisakan aromanya di tengah-tengah perkebunan terik matahari sungguh tidak terasa menyengat bila berada di sini. Jadi tidak perlu khawatir kulit gosong deh meskipun berada di tengah-tengah perkebunan,

Lokasi 

Letak Kebun Teh Kabawetan berada di Pusat Kota Kepahiang. Untuk menuju lokasi, Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi menyusuri perkampungan penduduk yang berjarak sekitar 3 km dari bundaran Pasar Kepahiang. Ada dua jalan akses ke lokasi  bila Anda dari arah curup, maka untuk menuju lokasi kebun Teh Kabawetan cukup mudah.

Sebelum sampai di lokasi pasar, ada simpang dengan papan merek lokasi kebun teh Kabawetan, Anda tinggal mengikuti marka jalan yang ada di setiap persimpangan. Kalau dari Jalan Kepahiang - Curup lokasi berjarak sekitar 5 km ke perkebunan. tak perlu khawatir, akses jalan ke lokasi perkebunan sudah cukup baik. Hanya saja untuk kendaraan berbadan besar perlu ekstra berhhati-hati karena ruas jalan agak sempit, jadi jika ada dua kendaaraan yang berpapasan harus mau saling mengalah. 

Kalau sudah selesai berjalan-jalan ke Kebun teh Kabawetan, saatnya berburu oleh-oleh. Kabupaten Kepahiang terkenal dengan hasil alam yang melimpah ruah, aneka buah-buahan, sayuran dan umbi-umbian menjadi komoditas unggulan di sini jadi jika berkunjung ke Kabawetan sempatkan membeli oleh-oleh yang banyak dijajakan di sepanjang jalan.

Desa yang menjadi sentra berburu oleh-oleh adalah Desa Tebat Monok. Lihat saja di pinggir jalan lintas Provinsi Anda akan menjumpai aneka buah dan hasil bumi yang melimpah ruah. Ada pisang, pepaya, ubi, alpukat, labu hingga berbagai olahan siap saji dapat Anda bawa pulang dengan harga yang cukup terjangkau.

Kelihatannya, para pengrajin makanan ringan dan oleh-oleh sudah dibina oleh dinas UKM, hal ini terlihat berbagai  variasi makanan olahan yang sudah dikemas cukup baik oleh para pengrajin. 

Aku suka sekali dengan pisang dan pepaya jika berkunjung ke Kepahiang, selain itu aneka sayur mayur seperti kubis, kembang kola, tomat wortel juga sangat terjangkau harganya.

Kalau berkunjung ke sini jangan lupa untuk memborong oleh-oleh khas hasil alam di sini ya. Sampai berjumpa kembali di wisata selanjutnya yang lebih indah lagi.

Lokasi Kebun Teh kabawetan terletak di Kabupaten Kepahiang Provinsi Bengkulu. Dari Bandara Fatmawati Kota Bengkulu dapat ditempuh dengan kendaraan umum, rental maupun bis pariwisata menuju Kabupaten Kepahiang dengan jarak tempuh sekitar 83 km.

Untuk menjangkau lokasi ada banyak cara diantaranya dengan memesan tiket pesawat melalui Skyscanner yang dapat memandu kegiatan traveling menjadi sangat menyenangkan. Skyscanner memiliki fitur canggih yang dapat membandingkan harga tiket pesawat dari ratusan situs penjual tiket pesawat lainnya. Anda bisa mendapatkan harga tiket pesawat yang termurah dan melanjutkan traveling impian. Sampai jumpa di Bengkulu dengan pesona kebun Teh Kabawetan yang memikat hati.



15 comments:

  1. Pernah k kbon teh delay sini Aja mba gunung mas Bogor kangen Sama harum kebunny next ke Bengkulu mampir kita ya.

    ReplyDelete
  2. Aku paling suka berkunjung ke kebun teh, soalnya cantik dan sejuk. Baru beberapa minggu lalu aku berkunjung ke kebun teh di Jawa Barat.
    Aku belum pernah ke Bengkulu, semoga suatu saat ada rejeki yang bisa membawa aku ke Bengkulu. aamiin

    ReplyDelete
  3. Hanya pernah melihat di televisi bagaimana keindahan suasana kebun teh.
    Rasanya kalau baca postingan ini, pingin merencakan berlibur ke kebun teh.
    Assiikk...

    Tapi memetik daun teh apakah bisa sembarang petik?
    Atau ada tekniknya?

    ReplyDelete
  4. Wah, Bengkulu jg ada kebun teh ya. Selama ini ingetnya klonkebun teh ya puncak. :D

    ReplyDelete
  5. Asyiknya wisata ke kebun teh, dulu saya prnah sekali aja ke Malang. Yg kukangenin tu aroma teh dan kabut dinginnya kalau di perkebunan. Moga2 kapan2 bisa wisata kebun teh lg
    TFS ceritanya

    ReplyDelete
  6. Seru dan bikin betah di sini. Apalagi naik lagi. Ada air terjun nya

    ReplyDelete
  7. Wah asyiknya yang berkunjung ke Kebun Teh. Dataran tingginya di sini gak ada teh euy, adanya kopi.

    ReplyDelete
  8. Kalau mampir ke Bengkulu jadi pengen juga ah mampir ke Kebun Teh. Baru sekali sih ke Kebun Teh yang di Malang.

    ReplyDelete
  9. Saya belum pernah ke kebun teh lo mbak. Next dicoba ah wisata ke kebun teh.

    ReplyDelete
  10. Di Jember juga ada kebuh teh, tapi blum prnah sma skali sambang ke tempat itu. Hheee
    Citarasa teh meski yg bukan unggul tetap bisa dinikmati kekhasannha ya, mbak. Apakah teh yg ga unggul itu juga dijual belikan di wilayah sekitar kebun teh gitu juga ya mbak? 😂

    ReplyDelete
  11. Di malang juga ada kebun teh tapi tdk selengkap ini fasilitasnya. Hehe... Atau mungkin skrg udah berubah. Hehe... Thx infonya mbak ntar klo ke bengkulu bisa mampir karna tahu ad kebun teh. Hehe

    ReplyDelete
  12. terbayang segarnya di kebun teh terus mampir ke pasar sayur yang masih segar. Aku bisanya saat mudik aja nih mampir ke perkebunan

    ReplyDelete
  13. Baca bukunya Mantan Menteri ESDM Pak Dahlan Iskan dia pernah tulis kalau kata mabuk kepayang itu berasal dari mabuk kapahiang saking jalannya itubikin mabuk.

    ReplyDelete

Cie-cie yang sudah berkunjung tapi tidak berkomentar... kenalan yuk. Biasanya kalau tamu selalu meningalkan jejak. Silahkan berkomentar yang sopan ya..