5 Wisata Unik Bukittinggi

Selamat Datang di Blog Jalanjalanfamily.



Sahabatfamily kali ini kita akan jalan-jalan ke Pulau Sumatera tepatnya di Sumatera Barat. Postingan ini merupakan sambungan dari postingan sebelmnya yang menceritakan tentang Wisata ke Bukittinggi yaitu Jam Gadang, Lubang Jepang, Dan Ngarai Sianok. Bukittinggi memang menawarkan banyak destinasi wisata yang keren-keren, mudah terjangkau serta dapat ditempuh dalam sekali waktu. Keunikan lainnya adalah jarak antara tempat wisata yang satu dengan yang lain yang berdekatan. Anda bisa berkunjung ke tempat wisata Bukittinggi denga berjalan kaki saja antara satu destinasi dengan lainnya. Namun perlu juga mempersiapkan minuman atau makanan ringan di perjalanan karena medannya tidak datar, banyak pendakian dan berkelok-kelok.

Traveling Asyik tanpa sakit


Museum Taman Satwa

Museum taman satwa terletak di pusat kota Bukittinggi. Di sini menawarkan wisata edukasi fauna. Berbagai jenis fauna dirawat dan dilindungi di sini. Ada Harimau Sumatera, Badak, Orang Utan, Berbagai jenis burung, Rusa, serta kura-kura. Pengunjung bisa berinteraksi dengan satwa-satwa yang dipelihara di sini dengan memberikan makanan. 


Benteng Van Hill

Benteng Van Hill letaknya tepat di seberang Taman Satwa. Akses ke Benteng Van Hill dapat ditempuh dengan berjalan kaki melewati jembatan Limpapeh. Jembatan Limpapeh adalah jembatan penyebrangan yang diperuntukkan bagi wisatawan. Benteng Van Hill didirikan oleh Penjajah Belanda ketika menduduki kota Bukittinggi. Ada tugu yang diukir diatas batu menginformasikan tentang hal ini. 

Baca juga Wisata Keren Bukittinggi

Istana Bung Hatta


Letaknya tepat di depan Objek Wisata Jam Gadang. Istana Bung Hatta merupakan Kediaman Bung Hatta wakil presiden RI pertama. Bung Hatta adalah putra daerah asli kelahiran Bukittinggi. Dari Jam Gadang Anda dapat langsung memasuki gerbang Istana Bung Hatta. Cukup menyebbrang jalan saja. Di samping Istana Bung Hatta kita bisa melihat Monumen Bung Hatta. Monumen Bung Hatta ini dibangun di atas bukit di pusat kota, sekeliling monumen ditanam beberapa pohon pelindung yang  membuat udara menjadi sejuk. 



Jembatan Limpapeh

Jembatan Limpapeh merupakan Jembatan yang menghubungkan objek wisata Taman Satwa dengan benteng Van Hill. Cukup efektif juga jembatan ini didirikan tepat di tengah-tengah objek wisata Kota Bukittinggi. Dari jembatan kita bisa melihat aktivitas warga kota Bukittinggi yang padat terutama di hari-hari libur. 

Ngarai Sianok


Ngarai Sianok merupakan lembah yang dibatasi langsung oleh Bukit-bukit kapur yang menjulang tinggi. Lembah Ngarai Sianok dapat diakses dari Lubang Jepang maupun dari Taman Satwa Kota Bukittinggi. Anda bisa melihat pemandangan yang cukup memanjakan mata dari  Ngarai sianok. Jika punya nyali lebih Anda dapat melewati jembatan gantung yang dapat menghubungkan ke Great Wall. Dari posisi yang mempunyai view ke Ngarai Sianok Anda bisa menikmati lukisan alam nan indah memanjakan mata. Beberapa aktivitas penduduk di kaki bukit mulai menggeliat, sawah-sawah mulai menghijau tepat dikaki bukit-bukit kapur. 

11 komentar:

  1. Bukittinggi memang surga untuk travelling mbak, saya jadi penarasan pengen ke istana bung hatta ...

    BalasHapus
  2. Aaaakkk aku pernah nih ke rumah bung hatta...rumahnya asri, lantainya kayu...trus kamar2nya masi rapi
    Klo ngarai sianok cuma mampir sejenak ngliat tebing2 raksasa ajah kerennnn sumbar tuh

    BalasHapus
    Balasan
    1. rumah bung hatta aku gak sempat masuk sana, baru liat luarnya aja

      Hapus
  3. Balasan
    1. khusus traveling maunya sih mba..tapi enggak tau kedepannya insyaalh berusaha konsisten

      Hapus
  4. Pingin ngliat langsung tp jauuh...

    BalasHapus
  5. Jiaaaahhh dr semua cm ngarai sianok yg aku pernah dtgin :D. Kurang jalan nih berarti.. Hrs kesana lagi memang mba :).. Bukittinggi salah satu kota yg aku ga bosen2 mau ksana.. Trutama krn kulinernya sih :D. Kyknya g ada yg ga enak deh kalo makan di sana :D

    BalasHapus
  6. Bukittinggi, kota dengan sejuta kesan dan cerita sejarah dan wisata yg gak da habisnya untuk dikupas dan dibahas

    BalasHapus

Cie-cie yang sudah berkunjung tapi tidak berkomentar... kenalan yuk. Biasanya kalau tamu selalu meningalkan jejak. Silahkan berkomentar yang sopan ya..